Kamis, 25 April 2019

Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Tubuh - Bulan Ramdhan makin di depan mata, apakah kamu sudah siap untuk menjalankan puasa? Selain sebagai bentuk ibadah, ternyata puasa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Sudah tahu apa saja manfaatnya?


  • Puasa bisa mendetoksifikasi tubuh
Ketika tak ada makanan yang diasup oleh tubuh, maka tubuh akan beralih pada lemak untuk menghasilkan energi. Bukan hanya lemak yang terbakar, namun racun-racun tubuh yang mengendap di lemak juga akan ikut terbakar. Alhasil, metabolisme dan detoksifikasi tubuh akan meningkat.
  • Membuat hati menjadi lebih bahagia
Setelah selesai berpuasa, level endorphins pada tubuh bisa meningkat. Sehingga, membuat hati menjadi lebih bahagia. Hormon yang dihasilkan ketika puasa, bisa dibilang sama dengan hormon yang dihasilkan ketika berolahraga. Selain itu, riset juga membuktikan puasa bagus untuk kesehatan otak.
  • Puasa bisa membuat kulit menjadi indah
Puasa bisa memperindah kulit karena tubuh akan mengeluarkan toksin dan bisa memperbaiki organ-organnya seperti hati dan ginjal. Bukan hanya mengingkatkan produksi kolagen, puasa juga bisa mengatasi jerawat lho!
  • Puasa bisa bikin awet muda
Ternyata, puasa juga bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Ketika sedang tidak bekerja, semua organ di dalam tubuh pun akan beristirahat. Hasilnya, tubuh akan lebih sehat dan awet muda.
  • Puasa bisa bikin panjang umur
Percaya atau tidak, makin sedikit makanan yang kita asup, maka semakin panjang umur kita. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mempelajari tentang jangka hidup orang dibudaya berbeda.

Salah satu penyebab penuaan yaitu metabolisme yang rendah. Makin 'muda' tubuhmu, maka makin cepat dan juga efisien metabolisme tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar