Sabtu, 13 Oktober 2018

6 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA ANAK


6 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA ANAK 

Mata merupakan salah satu alat indera yang sangat berperan penting dan perlu dijaga kesehatannya. Berapapun usia kita, menjaga kesehatan mata tetap perlu untuk dilakukan. Kesehatan mata yang terganggu akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari, terutama pada masa anak-anak. 

Penglihatan memainkan peran yang penting dalam perkembangan fisik, kognitif, serta sosial anak. Oleh karena itu, pemeriksaan mata pada anak sangat penting untuk membantu mendiagnosis adanya gangguan mata sejak dini.

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

  • Menjaga kesehatan mata

Ajarkan kebiasaan baik pada anak untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara baik dan benar sebelum memegang mata, menggaruk, atau mengucek mata mereka. 

Hal tersebut bertujuan agar resiko penyakit mata akibat adanya kotoran atau mikroorganisme bisa diminimalkan.
  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Lakukan pemeriksaan mata pada anak setidaknya 2 tahun sekali. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa mata anak tetap berada pada kondisi sehat, atau untuk membantu mendeteksi masalah pada mata sejak dini. 

Pemeriksaan mata sejak dini dapat membantu mendeteksi gangguan mata sedini mungkin, sehingga berbagai jenis penyakit mata dan gejalanya bisa terdeteksi lebih dini. Sehingga penanggulangan pun akan lebih mudah dilakukan secara cepat.
  • Mengonsumsi asupan makanan bergizi

Beberapa jenis asupan makanan bergizi bagi mata antara lain: vitamin A, omega 3, protein, dan mineral. Biasakan anak untuk mengonsumsi olahan makanan yang berbahan dasar sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein hewani.

Hal tesebut bertujuan agar anak terbiasa menyantap aneka jenis makanan baik untuk membantu menjaga kesehatan mata nya sejak dini.
  • Hindari kebiasaan membaca sambil tidur

Kebiasaan buruk tersebut bisa mengganggu kesehatan mata pada anak karena tanpa disadari mereka melakukan kebiasaan membaca dengan jarak cukup dekat. Kebiasaan membaca sambil tidur akan sangat beresiko besar bagi anak untuk terserang rabun dekat atau rabun jauh.

Posisi anak pada saat membaca sebaiknya berada dalam posisi duduk dengan pencahayaan yang cukup terang dari arah belakang ataupun samping. Selain itu, gunakan jarak baca sekitar 30 cm, mengingat jarak ini akan membuat mata berada dalam kondisi rileks.
  • Batasi waktu di depan layar

Kurangi kebiasaan buruk menonton TV, gadget, komputer dalam jangka waktu lama. Apabila anak menatap layar secara lama dan dengan jarak yang terlalu dekat, ingatkan mereka untuk menghindari kebiasaan tersebut karena bisa mengganggu kesehatan mata mereka.

Sarankan anak untuk meluangkan waktu nya dengan cara bermain di luar ruangan atau membaca buku. Hal tersebut akan membantu proses perkembangan mata mereka.
  • Istirahatkan mata sejenak

Ajarkan anak unruk mengistirahatkan mata mereka secara teratur dengan cara menutup kedua mata selama 30 detik, terlebih pada saat mereka menggunakan gadget atau membaca buku.

Selain itu, anda juga dapat menyarankan anak untuk melakukan senam mata dengan cara menggerakan bola mata secara perlahan sebanyak 5 kali dalam sehari, dan lakukan latihan fokus pandangan pada jarak dekat atau jarak jauh.

Mata sehat akan membuat siapapun menjadi leluasa dalam beraktivitas setiap saat. Itu sebab nya, kesehatan mata wajib diperhatikan sejak dini. Anda perlu memperhatikan kesehatan mata pada anak agar buah hati dapat melakukan aktivitas dengan sehat dan terhindar dari resiko gangguan mata.

Itulah sedikit ulasan mengenai 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak, semoga bermanfaat bagi para orang tua untuk menjaga mata buah hatinya agar tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar